Empat mahasiswa STIE Swasta Mandiri Surakarta berhasil lolos seleksi untuk bisa mengikuti program Wirausaha Merdeka (WMK) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk para mahasiswa yang memiliki ketertarikan di bidang wirausaha. Ada 17 Perguruan Tinggi pelaksana WMK yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya adalah UMS.

WMK UMS diikuti oleh hampir seribu mahasiswa yang telah lolos seleksi. Ada beberapa tahapan kegiatan di WMK UMS, yaitu tahapan workshop kewirausahaan dengan durasi 100 jam yang telah dilaksanakan selama bulan September 2022. Kemudian tahapan magang di UMKM yang saat ini sedang berjalan dengan target durasi 70 jam selama bulan Oktober 2022. Kegiatan magang ditujukan supaya mahasiswa memahami praktik bisnis di lapangan. Adapun tempat magang disesuaikan dengan minat bisnis masing-masing mahasiswa. Selain itu, mitra UMKM juga mendapatkan manfaat dari mahasiswa magang berupa saran-saran untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya, mulai dari manajemen keuangan, produksi, pemasaran dan lain-lain.

Berbekal dari pengetahuan dan pengalaman selama workshop kewirausahaan dan magang, mahasiswa dituntut untuk membuat proposal bisnisnya masing-masing. Prototype produk dari proposal bisnis mahasiswa kemudian akan di-expo-kan di bulan November. Setelah itu, akan dilakukan proses pitching dengan calon investor. Disinilah proposal bisnis mahasiswa akan diuji kelayakannya untuk mendapatkan pendanaan dari investor. Setelah itu, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan kewirausahaan.